JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan) http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap <p align="justify"><strong><a href="http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/management/settings/context//index.php/jpap/index">JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)</a> </strong> is an integrated media for continuous communication with important new research results related to education administration, including areas of leadership, program evaluation, job satisfaction, learning, and education management, planning, human resources, organizational culture, facilities and infrastructure, finance, curriculum, community relationships, education administration development and technology in administration. </p> en-US <p>Authors who publish with Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, agree to the following terms:</p><ol><li>Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a <a href="http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/" rel="license">Creative Commons Attribution 4.0 International License</a>. This license allows authors to use all articles, data sets, graphics and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.</li><li>Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan.</li><li>Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work</li></ol> jpap@unram.ac.id (Dr. Sudirman, M.Pd) hamidi@unram.ac.id (editor JPAP) Wed, 02 Aug 2023 00:33:12 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Hubungan Antara Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2022 http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/135 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu hubungan antara konsep Diri dan motivasi berprestasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru SD di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun 2022. Populasi harapan dalam penelitian <em>survey</em> adalah semua guru PNS, tetapi popluasi terjangkaunya sebanyak 90 orang yang berasal dari 8 SD yang tergabung di gugus II. Pengambilam sampel dilakukan secara proporsional random sebanyak 60 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan skala Likert dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi, baik regresi sederhana maupun regresi ganda yang dilanjutkan dengan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri (X<sub>1</sub>) dengan kinerja guru SD (Y) di Kacamatan Gunungsari Lombok Barat tahun 2022 dengan koefisien korelasi 0,700 dan berkontribusi sebesar 48,90%; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi (X<sub>2</sub>)&nbsp; dengan kinerja guru SD (Y) di Kacamatan Gunungsari Lombok Barat dengan koefisien korelasi 0,663 dan berkontribusi sebesar 44%<strong>;</strong> (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Konsep Diri (X<sub>1</sub>) dan motivasi berprestasi (X<sub>2</sub>) secara bersama-sama dengan kinerja guru SD (Y) di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan koefisien korelasi sebesar 0.772 dan&nbsp; berkontribusi sebesar 59.6%.</p> Burhanudin Burhanudin, Wildan Wildan, Baehaqi Baehaqi, Nyoman Sridana, Fahruddin Fahruddin Copyright (c) 2023 Burhanudin Burhanudin, Wildan Wildan, Baehaqi Baehaqi, Nyoman Sridana, Fahruddin Fahruddin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/135 Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/136 <p>Supervisi merupakan kegiatan untuk memberikan bantuan kepada guru mengembangkan kemampuan dan keterampilannya dalam mengelola pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat, (2) mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat, dan (3) mendeskripsikan tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru di SMP Negeri 2 Kuripan. Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik individual dan teknik kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah memiliki perencanaan supervisi yang baik yaitu melaksanakan rapat persiapan, membentuk tim, menyusun rencana program supervisi, dan menyusun jadwal supervisi, (2) kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik dengan langkah-langkah pra observasi, observasi, dan pasca observasi atau pertemuan balikan, (3) kepala sekolah melakukan tindak lanjut supervisi&nbsp; akademik memberikan penguatan dan penghargaan kepada guru-guru yang memenuhi standar, memberikan teguran, saran kepada guru-guru yang belum memenuhi standar, dan memberikan kesempatan guru-guru untuk mengikuti pendidikan dan latihan lebih lanjut.</p> Nahar Nahar, Joni Rokhmat, Sudirman Sudirman, Asrin Asrin, Muhammad Makki Copyright (c) 2023 Nahar Nahar, Joni Rokhmat, Sudirman Sudirman, Asrin Asrin, Muhammad Makki https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/136 Manajemen Pelaksanaan Program Dana Bantuan Operasional Sekolah http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/134 <p>Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan uji <em>kredibility, transferability, defendability</em> dan <em>konfirmability</em>. Hasil penelitian menemukan bahwa Proses pelaksanaan dilakukan dengan pembelanjaan sesuai perencanaan dan membuat pembukuan keuangan. Kesimpulannya adalah manajemen dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dilakukan dengan mengikuti Permendikbud RI Nomor 6 tahun 2021 akan tetapi dalam manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pelaporan belum optimal karena masih menemui berbagai kendala. Rekomendasi dari penelitian ini ke depan dapat berguna bagi sekolah, peneliti dan masyarakat umum.</p> Dwi Murni, Sudirman Sudirman, Untung Waluyo, Asrin Asrin, Fahruddin Fahruddin Copyright (c) 2023 Dwi Murni, Sudirman Sudirman, Untung Waluyo, Asrin Asrin, Fahruddin Fahruddin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/134 Pengorganisasian Anggaran Dalam Pengelolaan Dana Operasional Sekolah Pendampingan Di SMKN 2 Kuripan Lombok Barat http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/141 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengorganisasian anggaran dalam pengelolaan dana operasional Sekolah di SMKN 2 Kuripan Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan deskriptif metode. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa pengorganisasian anggaran dalam pengelolaan dana operasional sekolah pendampingan di SMKN 2 Kuripan dilakukan dengan membentuk tim manajemen yang terdiri dari unsur guru, unsur Tata Usaha dan komite sekolah. Pembentukannya melalui mekanisme yang ada yaitu rapat. Dalam proses ini kepala sekolah menetapkan tim yang sudah ada dan sama dengan tahun sebelumnya. Disamping bendahara dana BOS ada juga bendahara barang yang bertugas mencatat barang modal dan barang jasa yang dilaporkan ke Dinas dan Operator Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang membantu bendahara dalam proses pembuatan laporan <em>online</em> maupun <em>offline</em>. Ada beberapa kendala Timbul kecemburuan di antara personil yang yang tidak dipilih menjadi keanggotaan tim, Kurang mahir sumber daya manusia dalam mengoperasikan komputer dan aplikasi <em>Microsoft Office dan </em>tidak ada honor untuk bendahara dana BOS</p> Suwardi Suwardi, Sudirman Sudirman, Fahruddin Fahruddin, Asrin Asrin, Muhammad Makki Copyright (c) 2023 Suwardi Suwardi, Sudirman Sudirman, Fahruddin Fahruddin, Asrin Asrin, Muhammad Makki https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/141 Wed, 02 Aug 2023 00:00:00 +0000 Upaya SMA Negeri 2 Mataram dalam Membangun Hubungan dengan Masyarakat http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/139 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Upaya SMA Negeri 2 Mataram dalam membangun hubungan dengan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, angket, observasi, dan studi dokumen kepala sekolah, waka humas dan komite sekolah di SMA Negeri 2 Mataram. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, data <em>display, </em>dan menarik kesimpulan. Untuk keabsahan data dilakukan dengan langkah-langkah kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat. SMA Negeri 2 Mataram memiliki upaya untuk menjaga citra sekolah agar tetap baik dimata masyarakat. Salah satu upaya itu adalah menjaga dan menjalin hubungan yang baik dimata masyarakat melalui 1) Laporan kepada orangtua peserta didik 2) Kunjungan rumah 3) Kegiatan sosial.</p> Radhatul Jannah, Wahab Jufri, Dadi Setiadi, Sudirman Sudirman, Fahruddin Fahruddin Copyright (c) 2023 Radhatul Jannah, Wahab Jufri, Dadi Setiadi, Sudirman Sudirman, Fahruddin Fahruddin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/view/139